10 Tips Atasi Rambut Bercabang

Rambut menjadi bercabang karena perlakuan yang salah, beberapa di antaranya karena, menggunakan sisir yang salah, mengeringkan salah atau penggunaan bahan sampo yang juga salah. Untuk itu peru tips agar rambut tidak bercabang. Inilah, 10 Tips Atasi Rambut Bercabang


Rambut menjadi bercabang karena perlakuan yang salah, beberapa di antaranya karena, menggunakan sisir yang salah, mengeringkan salah atau penggunaan bahan sampo yang juga salah.

Dari sebuah catatan facebook, diperoleh tips atasi rambut bercabang, sebagai berikut.
  1. Menyisir rambut sebelum keramas - Sebaiknya menyisir rambut menggunakan sisir yang bermutu. Ciri-ciri sisir bermutu adalah diujung sisir terdapat bantalan yang lembut. Bantalan lembut pada ujung sisir akan membantu penyebaran kelenjar minyak sampai ke ujung rambut secara lebih cepat. Dan di saat keramas, setelah menyisirnya terlebih dulu tidak akan memerlukan tenaga yang cukup besar. Hal ini tentu saja akan mengurangi potensi kerusakan pada rambut panjang Anda.
  2. Pilih shampo sesuai jenis rambut dan kulit kepala - Sebaiknya Anda kenali terlebih dulu jenis rambut dan kulit kepala Anda sebelum membilasnya dengan sampo.
  3. Gunakan sampo seperlunya - Dalam berkeramas, disarankan untuk tidak terlalu sering, hal ini tidak baik bagi rambut Anda. Sebaiknya, keramas antara 2 hingga 5 hari sekali. Dan dianjurkan untuk memilih sampo yang mengandung moisturizer supaya kelembaban rambut Anda bisa terjaga serta tidak cepat kering.
  4. Bilas rambut dengan air dingin -  Anda yang gemar basuh badan menggunakan air hangat, dianjurkan untuk mengurangi membilas rambut dengan air hangat sebab air hangat tidak dapat menjaga kelembaban pada rambut. Sebaiknya menggunakan air dingin saja saat membiasnya, hal ini dilakukan agar menjaga kelembaban rambut yang sesuai dengan kebutuhan.
  5. Jangan menggosok rambut dengan handuk - Tidak boleh menggosok rambut dengan handuk dengan cara yang kasar. Karena hanya akan membuat rambut mudah pecah serta bercabang. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara yang lembut yaitu dengan menempelkan handuk kemudian tekan handuk ke rambut Anda.
  6. Gunakan sisir bergigi jarang - Anda tidak boleh menggunakan sisir bergigi rapat saat menyisir rambut dalam keadaan masih basah. Sebaiknya pergunakanlah sisir yang bergigi jarang. Hal ini dilakukan agar rambut tidak rusak.
  7. Lakukan perawatan conditioner atau cream - Saat Anda melakukan perawatan rambut, gunakanlah conditioner cukup seminggu sekali saja. Ketahuilah, perawatan dengan conditioner membantu mengambalikan elastisitas rambut terutama untuk rambut yang sering terkena hair dryer, pengeritingan, ataupun pewarnaan rambut.
  8. Potong rambut berkala (trim rambut) - Lakukan pemotongan rambut berkala paling tidak 6-8 minggu sekali. Anda yang tidak ingin kehilangan sebagian besar rambut, bisa memilih potongan model layer. Dengan memotong rambut secara berkala merupakan kesempatan juga buat Anda yang senang berganti-ganti model rambut yang up to date. Yang perlu diperhatikan, jangan izinkan stylist Anda menggunakan pisau cukur karena bisa merusak struktur ujung rambut.
  9. Oleskan minyak zaitun sebelum blow dry - Minyak zaitun bermanfaat untuk kesehatan kulit maupun rambut. (BACA: Minyak Zaitun Mampu Memanjangkan Rambut) Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu memberikan kelembaban ekstra dan memperbaiki kutikula rambut yang rusak. Caranya; mengoleskan minyak zaitun ke rambut Anda sebelum menggunakan hair dryer. Anda juga mengoleskan minyak zaitun ke rambut di waktu malam hari untuk dicuci keesokan harinya.
  10. Jauhi potensi mendapatkan klorin - Klorin biasanya terdapat dalam air kolam renang. Klorin berpotensi membuat rambut Anda menjadi kering dan kusam, akibatnya akan membuat rambut mudah pecah dan bercabang. Tips yang paling sederhana adalah dengan menggunakan pelindung rambut saat berenang.
Itulah, 10 Tips Atasi Rambut Bercabang. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang tengah bermasalah dengan rambut karena bercabang. Cheers!

Sumber: https://www.facebook.com/notes/kesehatan-wanita/10-tips-mengatasi-rambut-bercabang/256563487730303