Pengobatan Bekam Menurut Hadits

Di dalam hadits Sunan Abu Dawud disebutkan; dari Jabir bahwa, Rasulullah Saw. pernah melakukan bekam di bagian atas pinggulnya. Saat itu Baginda Rasulullah menderita sakit pegal-pegal. Dan keterangan dari hadits tentang Bekam ini dijelaskan tentang periode pengobatannya.


Pengobatan Bekam Menurut Hadits

Apabila kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai tindakan pencegahan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali. Dalam hadits Bukhori dan Muslim diriwayatkan bahwa, "Rasulullah Saw. pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher."

Masih dari hadits-nya Bukhori dan Muslim disebutkan, dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada 2 pelipis dan pundaknya. Terdapat 5 (lima) titik bekam yang bisa dilakukan pada tubuh, antara lain;
  1. Bekam pada pelipis, untuk penyembuhan; sakit kepala, sakit di wajah, sakit telinga, sakit hidung, dan sakit kerongkongan.
  2. Bekam pada pundak, untuk penyembuhan; penyakit di pundak serta sakit di leher.
  3. Bekam di atas pinggul, untuk penyembuhan; menghilangkan pegal-pegal, dan menghilangkan kelelahan.
  4. Bekam pada tengkuk atau kuduk, untuk; mencegah tekanan darah pada tengkuk, mengatasi rabun, mengatasi benjolan di mata, mengatasi rasa berat pada alis dan kelopak mata, mengatasi penyakit mata lainnya, mengobati lepra, seta mengobati berbagai macam penyakit.
  5. Bekam atas dua urat leher, dapat mencegah; sakit kepala, sakit di wajah, sakit gigi, sakit telinga, sakit hidung, dan sakit kerongkongan.
Itulah sekilas tentang, "Pengobatan Bekam Menurut Hadits" - Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda :)