Jangan Membiarkan Gigi Sakit

Tahukah Anda? Dahulu kala hingga tahun 1700-an terdapat teori yang bunyinya, “Gigi berlubang berlubang disebabkan oleh ulat.” Teori ini bertahan lama hingga akhirnya seorang dokter gigi berkebangsaan Amerika, Willoughby Miller yang saat itu menjadi pekerja di Universitas Berlin menemukan penyebab gigi menjadi busuk.
Jangan Membiarkan Gigi Sakit
Menurut Willoughby Miller, adanya pembusukan gigi karena proses kimiawi antara bakteri dan gula. Mekanismenya bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam. Karenanya lingkungan di sekitar gigi turut menjadi asam padahal seharusnya kondisi sekitar gigi tetap harus basa. Asam lah yang menjadi 'biang keladi' email gigi berlubang.

Jangan Membiarkan Gigi Sakit

Saat email gigi berlubang, sakit gigi belum terasa sama sekali. Namun, ketika lubang kecil pada gigi mulai dimasuki sisa makanan ditambah dengan adanya bakteri dari sini gigi akan mulai terasa linu di saat kita makan. Apabila lubang tersebut terus dibiarkan, akibatnya lubang dentin akan semakin menganga, akhirnya akan terasa linu dan di sinilah awal kita sakit gigi.

Jangan pernah membiarkan gigi sakit dan linu karena akan membengkak dan meradang. Selain itu, gigi yang berlubang menjadi sarang kuman penyakit yang akan berakhir di saluran darah. Efek terburuknya akan mengakibatkan penyakit paru-paru, jantung, ginjal, serta penyakit lainnya. Untuk itu, sebelum sakit gigi Anda semakin ngilu dan parah, ayo periksakan ke dokter gigi di daerahnya masing-masing.