Khasiat Alpukat untuk Mengobati Penyakit

Alpukat dijelaskan mengandung banyak zat dan vitamin yang bermanfaat (BACA: Zat & Vit. Bermanfaat dari Alpukat). Bila buah alpukat seperti itu pastinya berkhasiat untuk mengobati penyakit, bukan? Ok, berikut ini masih seputar buah alpukat yang dijelaskan sebagai obat menyembuhkan penyakit.

Khasiat Alpukat untuk Mengobati Penyakit
Inilah Khasiat Alpukat untuk Mengobati Penyakit
Menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. - Karena alpukat merupakan satu-satunya buah yang kaya lemak, bahkan kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam durian.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat - Membantu menurunkan kadar “kolesterol jahat”atau LDL dan menaikkan “kolesterol baik” atau HDL, sehingga secara nyata menekan resiko stroke dan serangan jantung. Untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dapat dengan cara mengkonsumsi ½ - 1½ buah alpukat matang. Cara pemakaian: Buah alpukat masak optimal dimakan dalam bentuk segar, konsumsi ini dilakukan setiap hari.

Batu ginjal - Daun avokat segar 7 helai; Air 110 ml, Dibuat infus atau diseduh, Diminum sehari 2 kali; pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml

Sakit perut dan Disentri - Daun avokat segar 5 g; Rimpang temu kunci segar 5 g; Rimpang kunyit segar 6 g; Rasuk angin 1/2 g; Daun pegagan segar 6 g; Air 115 ml, Dibuat infus atau diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml.

Sariawan - Daging buah yang masak dicampur dengan 2 sendok makan madu dilembutkan lalu dimakan, diberikan setiap hari sampai sembuh.

Kencing batu - 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang rumput teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula aren.3 gelas air.

Cara membuatnya:
Semua bahan dicuci sampai bersih lalu rebus hingga air tersisa 2,25 gelas. Setelah dingin, saring dan minum pada pagi, siang dan sore masing-masing 3/4 gelas (sehari 3x3/4 gelas)

Darah tinggi - 3 lembar daun dicuci bersih diseduh dengan 1 gelas air panas dan gelaspun ditutup. Setelah dingin diminum sekaligus. Lakukan sehari sekali sampai terasa sembuh.

Kulit muka kering - Buah dibuat bubur, dipakai sebagai masker.

Sakit gigi berlubang - bubuk biji alpokat dimasukkan pada gigi yang berlubang.

Bengkak karena peradangan - bubuk dari biji secukupnya ditambahkan dengan air bersih sampai menjadi bubur, kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang bengkak.

Kencing Manis (Diabetes)
Bahan:
- Biji buah alpukat secukupnya
- 2 gelas air
Cara membuatnya: Ambil biji alpukat dan panggang di atas api. Setelah itu potong kecil-kecil dan rebus sampai airnya menjadi berwarna coklat. Setelah dingin, saring dan minum. Lakukan secara rutin sampai kesembuhan mulai dirasakan.

Campuran teh dan buah alpokat: untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri pada lambung, bengkak saluran nafas, rasa nyeri syaraf(neuralgia) dan haid tidak teratur.

Alpukat untuk Kecantikan.
Buah alpukat juga sering digunakan sebagai masker wajah. Buah ini dianggap mampu membuat kulit lebih kencang. Buah alpukat juga bermanfaat untuk perawatan rambut misalnya sewaktu melakukan creambath

TIPS: 
Cara Memilih Buah Alpukat
Sewaktu Anda pergi ke pasar untuk membeli alpukat, jangan pernah menilai matangnya sebuah alpukat dari warna kulitnya. Jika buah alpukat yang Anda temui berwarna lebih tua atau kecoklatan, belum tentu buah alpukat tersebut telah matang. Cobalah sedikit menekan buah alpukat tersebut. Jika terasa lebih lunak berarti buah itu sudah matang.