8 Faktor Penunjang Munculnya PMS

PMS atau Pre Menstrual Syndrome - Sindrom ini biasanya muncul pada wanita yang tengah haid disebabkan karena faktor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Teori lain mengatakan karena hormon estrogen yang berlebihan. Sehingga perlu dimaklumi bila sindrom mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid.

8 Faktor Penunjang Munculnya PMS
Pada artikel sebelumnya (BACA: di sini), disebutkan faktor-faktor penunjang munculnya sindrom sebelum menstruasi pada wanita. Inilah 8 Faktor Penunjang Munculnya PMS pada wanita.

  1. Wanita yang pernah melahirkan (PMS semakin berat setelah melahirkan beberapa anak, terutama bila pernah mengalami kehamilan dengan komplikasi seperti toksima).
  2. Status perkawinan (wanita yang sudah menikah lebih banyak mengalami PMS dibandingkan yang belum).
  3. Usia (PMS semakin sering dan mengganggu dengan bertambahnya usia, terutama antara usia 30-45 tahun).
  4. Stres (faktor  stres memperberat gangguan PMS).
  5. Diet (faktor kebiasaan makan seperti tinggi gula, garam,kopi, teh, coklat, minuman bersoda, produk susu, makanan olahan, memperberat gejala PMS).
  6. Kekurangan zat-zat gizi seperti kurang vitamin B (terutama B6), vitamin E, vitamin C, magnesium, zat besi, seng, mangan, asam lemak linoleat.
  7. Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga dapat memperberat gejala PMS.
  8. Kegiatan fisik (kurang berolahraga dan aktivitas fisik menyebabkan semakin beratnya PMS).

Itulah 8 Faktor Penunjang Munculnya PMS pada wanita. Mudah-mudahan bermanfaat :)