Obat Sakit Kepala dan Vertigo

Obat Sakit Kepala dan VertigoBila berbicara tentang Obat Sakit Kepala dan Vertigo, maka sebagai jawaban dari pertanyaan, "Obat apa yang bisa menyembuhkannya?", adalah; obat herbal Assalam. Sebelum dilanjutkan, berikut ini penjelasan tentang penyakit vertigo.

Pusing seringkali disandingkan dengan sakit kepala, padahal menurut terminasi kata 'pusing' berarti berputar, maksudnya melihat benda di sekeliling tampak berputar mengelilingi kita. Sensasi pusing berputar tersebut menurut istilah medis disebut vertigo.

Vertigo berbeda sekali maknanya dengan sakit kepala, pasalnya penyebab dan penanganannya berbeda sama sekali. Lalu yang Anda alami selama ini apakah vertigo atau sakit kepala? Berikut ulasan singkatnya...

Sensasi pusing yang Anda rasakan, seperti seakan-akan benda di sekeliling berputar-putar atau serasa kehilangan keseimbangan badan, maka hal ini merupakan gejala vertigo. Penyebab vertigo biasanya akibat gangguan keseimbangan badan.

Ada pula faktor-faktor yang mencetuskan vertigo terjadi contohnya posisi tertentu atau aktifitas tertentu. Lamanya vertigo juga dapat memberikan petunjuk darimana penyebab vertigo tersebut. Vertigo biasanya merupakan hasil dari perubahan aktivitas di organ keseimbangan yang terdapat di dalam telinga manusia terutama di bagian telinga dalam (vestibuler) atau di saraf penghubung keseimbangan tubuh ke otak. Hal ini yang menjadi penyebab terdapat hubungan antara vertigo dengan posisi kepala dan pergerakan tubuh. Posisi duduk bangun atau bergerak secara berputar membuat vertigo makin buruk. Terkadang vertigo disertai dengan mual, muntah, dan gangguan keseimbangan tubuh. Namun biasanya vertigo berlangsung sekejap/tidak lama.

Selanjutnya tentang sakit kepala atau pusing. Pusing juga bisa diartikan sebagai perasaan ingin pingsan/terjatuh. Disaat pusing yg seperti ini, anda merasakan kepala dan badan terasa melayang/ringan, namun tidak sampai pingsan. Kadang disertai dengan mual, kulit tampak pucat dan berkeringat dingin serta perasaan akan pingsan. Penyebab pusing semacam ini adalah :

  • Hipotensi otrostatik atau tekanan darah tiba-tiba menurun. Tekanan darah yang menurun atau meningkat secara dramatis bisa menyebabkan kepala terasa pening dan ringan serta anda akan merasa akan pingsan. Biasanya terjadi setelah duduk lalu bangun berdiri tiba-tiba.
  • Ketidakcukupan output jantung ke otak dan seluruh tubuh, biasanya terjadi karena gangguan otot jantung atau ritme irama jantung ataupun penurunan volume darah dari jantung.

Adapun gangguan keseimbangan juga bisa menyebabkan pusing. Penyebabnya bisa bermacam-macam:

  • Gangguan keseimbangan pada telinga dalam, sebab struktur telinga dalam kondisi tidak normal. Biasanya Anda akan merasakan gangguan keseimbangan di saat berjalan dalam gelap.
  • Gangguan sensorik. Gangguan ini akibat saraf sensorik di mata dan di tungkai bawah, biasanya terjadi pada lansia, sehingga menyebabkan sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Gangguan pada sendi dan otot. Kelemahan otot dan sendi akibat osteoartritis/radang sendi bisa menyebabkan gangguan keseimbangan terutama apabila berdiri.
  • Masalah pada persyarafan. Misalnya; pada penyakit perkinson, ataxia serebelar dan sebagainya.
  • Akibat obat-obatan. Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan pusing seperti obat anti kejang atau penenang.
Penyebab pusing lainnya adalah sebagai berikut.
  • Beberapa obat penurun tekanan darah yang tidak sesuai dosis ( tekanan darah menurun terlalu cepat),
  • Penyakit pada telinga dalam lainnya,
  • Gangguan kecemasan, serangan panik, fobia, emosi dan sebagainya,
  • Anemia akibat kurangnya zat besi,
  • Hipoglikemia ( penurunan kadar gula darah terlalu rendah) akibat penggunaan insulin, pada pasien diabetes,
  • Infeksi telinga,
  • Dehidrasi/kepanasan, misalnya habis upacara berjemur di bawah terik matahari dan sebagainya,
  • Pusing kronis yang disebabkan hal-hal yang non-medis. Biasanya penderita merasa pusing jika berada di pasar yang ramai, menonton film tertentu, melihat pola visual tertentu atau di saat beraktifitas yang memerlukan konsentrasi.

Obat apa yang berkhasiat menyembuhkan Sakit Kepala dan Vertigo?
Obat yang mampu menyembuhkan sakit kepala dan vertigo adalah obat ramuan tradisional; herbal Assalam.