::: Cara Membuat Yoghurt Sendiri ::

::: Cara Membuat Yoghurt Sendiri ::
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Alat dan Bahan

 

Alat :

 

-Panci  enamel /  stailess

-Kompor/ Alat pemanas lainnya

-pH meter/ kertas pH

-Termometer

-Saringan plastik

-Incubator

-Cup dan plastik segel

-Pengaduk

-Gelas Ukur

 

 

Bahan :

 

-Susu sapai segar , 1 Liter , (  bukan susu dalam kemasan berbentuk bubuk, kental manis atau     yang sudah di kemas dalam kotak karton. Alasannya?  Tidak efisien.

 

-Biakan murni bakteri “Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophylus   ( atau  bisa juga  dengan menggunakan yoghurt yang sudah jadi sebagai  bibit / biang nya)

 

- Gula dan essenc apabila di kehendaki

 

 

Cara Pembuatan :

 

1. Pasteurisasi / Sterilkan susu tersebut. Caranya, panaskan susu tersebut hingga suhu 73 -90 derajat celcius selama 15-30 menit. Gunakan panci, kompor dan termometer dalam langkah ini. (ketika memanaskan susu  sambil diaduk terus agar tidak menggumpal)

 

2. Dinginkan susu yang telah dipanaskan sampai suhunya mencapai 45 derajat C

 

3. Sekarang tahapan kulturisasi, atau dalam bahasa sederhananya: Masukkan bibit yoghurtnya. Yang dimaksud dengan bibit yoghurt disini  ( biakan bakteri tadi atau yang praktis  yoghurt yang sudah jadi aja ).

 

Kombinasinya: Bibit yoghurt 5% dari jumlah susu. Jadi jika susu  yang anda mau jadikan yoghurt adalah satu liter, masukkan 0.05 liter yoghurt yang sudah jadi kedalam susu yang sudah di pasteurisasi tersebut.  yoghurt yang sudah jadi bisa di beli di  minimarket terdekat

 

 

 

 

4. Tahapan selanjutnya: Inkubasi. Hangatkah susu yang sudah dikulturkan tersebut dalam suhu 45 derajat celcius selama 8 jam di dalam inkubator.

( Bila tidak punya inkubator bisa dibuat sendiri   yang sederhana seperti ini: Kardus, di tempeli lampu   bohlam (yang diatur agar lampu bohlam tersebut bisa dinyalakan sehingga mampu memberikan kehangatan kepada susu tersebut) lalu di beri dua lubang untuk ventilasi. Masukan susu yang sudah di kulturkan ke dalam botol atau tupperware , lalu taruh di dalam kardus tersebut selama 8 jam. Atau sampai tercapai ph 4-5. Nyalakan lampunya selama susu berada di dalam kardus tersebut

 

 

 

 

5. Setelah, 8 jam? Yoghurt siap disantap!

lebih enak dinginkan dulu yoghurtnya di dalam kulkas agar lebih mantap, bila ingin manis tambahkan gula sesuai selera  , bila ingin rasa buah2an bisa dengan menambahkan (buah diblender dengan gula , jadi rasa buah asli atau bisa juga dengan menambahkan essens rasa buah ( strawberry ,anggur dsb))

Bila mau di kemas, Dinginkan susu yang telah mencapai pH 4-5 pada suhu 5 derajat C  untuk selanjutnya di kemas  dalam botol atau tempat lainnya baru simpan di lemari pendingin.

 

Selamat mencoba 

 



Penulis: INDONESIA HEALTH CARE CLUB
---
/notes/indonesia-health-care-club/-cara-membuat-yoghurt-sendiri-/380178738661364