Merawat Kulit Kombinasi Nggak Susah Kok!

Kulit normal dan kering mungkin sudah terdengar biasa, tapi ada juga yang memiliki kulit kombinasi. Wah gimana ceritanya tuh? Disebut kulit kombinasi karena kulit berminyak di beberapa bagian tetapi kering di beberapa bagian wajah yang lain. Biasanya daerah yang paling berminyak adalah daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan bagian yang tidak berminyak adalah pipi dan daerah sekitar mata.

 

Bagaimana perawatannya? Susah nggak? Tenang perawatan kulit kombinasi tetap bisa dilakukan seperti halnya kulit normal ataupun kering, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

 

Pembersih

Cuci wajah menggunakan pembersih khusus wajah yang berbahan dasar air atau pembersih yang berbusa lembut. Hindari pembersih yang berbentuk sabun padat, karena dapat menyumbat pori-pori, selain itu bahan yang terkandung di dalamnya membuat kulit lebih cepat kering.

 

Masker

Masker membantu membersihkan kotoran yang menempel di kulit. Jenis masker yang cocok untuk kulit kombinasi adalah masker alami. Contohnya masker yang terdiri dari bahan-bahan seperti mentimun dan gel daun lidah buaya.

 

Toner

Gunakan toner hanya pada bagian yang berminyak saja (untuk mengurangi kelebihan minyak) sedangkan untuk bagian kulit yang kering gunakan masker gel yang mampu mengontrol minyak di wajah.

 

Pelembab

Kulit kombinasi membutuhkan pelembap yang memiliki kandungan bebas minyak yang efektif menghidrasi kulit kering tanpa membuat kulit menjadi semakin berminyak.

 

Perlu juga diperhatikan:

Mencuci wajah terlalu sering tidak akan mengurangi jumlah produksi minyak pada daerah T, tetapi justru membuat bagian kulit yang kering menjadi semakin kering.

 



Penulis: 100 persen wanita

Sumber artikel: /notes/100-persen-wanita/merawat-kulit-kombinasi-nggak-susah-kok/317986868264963