Enam Kebaikan yang Bisa Diberikan Air Dingin:

Pelepas Stres

Kewajiban memimpin rapat membuat kita berkeringat dingin. Gugup pun tiba-tiba melanda. Padahal sejak semalam kita sudah mempersiapkan semua bahan presentasi dengan baik. Sebelum masuk ke ruang rapat, sempatkanlah diri ke toilet dan basuh wajah dengan air dingin.

 

Teknik ini, walau tidak secara instan, dapat meredam kegelisahan. Tahukah, air dingin membantu meregulasi suhu tubuh, memperlambat denyut jantung, dan pada akhirnya turut mengurangi kegelisahan dengan cukup cepat.

Mencerahkan Rambut

Tak sulit untuk mengatakan selamat tinggal pada rambut kusam. Pilihan membasuh rambut dengan air dingin akan mengunci kutikula, melicinkan, dan membuat setiap helai rambut bisa memancarkan kilaunya.

 

Menurunkan Berat Badan

Sebelumnya, banyak orang yang percaya air dingin bisa membuat perut buncit. Padahal terbukti, itu adalah mitos belaka. Tahukah, hanya dengan minum 4-8 gelas air dingin, kita bisa secara otomatis membakar 50-100 kalori. Alasannya? Air dingin bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

 

Pertolongan Pertama Redakan Kulit Melepuh

Tak perlu panik jika tiba-tiba kulit terkena panas dan lantas melepuh. Ketimbang buru-buru mencari odol untuk meredakan rasa sakit, coba langsung hentikan panas di kulit dengan memberikan air dingin pada area yang melepuh. Tidak berhasil? Taruhlah bagian kulit yang melepuh di bawah air dingin yang mengalir. Lakukan selama 20 menit.

 

Pengering Kuteks Kilat

Meniup-niup kuku agar kuteks yang melapisi cepat kering tentu melelahkan dan membutuhkan waktu lama. Dan bila kita menggunakan kuku dengan kuteks yang tak kering sepenuhnya, bisa-bisa kuku tak terlihat elok. Hal ini bisa menyebabkan kuteks yang menempel rusak.

 

Menggunakan air dingin bisa jadi cara tercepat untuk membuat kuteks kering dengan sempurna. Setelah mengaplikasikan kuteks, cobalah untuk merendam tangan di mangkok berisi air yang sangat dingin dalam waktu 3 menit. Kuku pun dijamin cantik menawan.

 

Perlancar Sirkulasi Darah

Mandi dengan air hangat memang bisa membuat relaks. Namun ternyata mengganti air mandi dengan yang dingin justru bisa meningkatkan sirkulasi. Air hangat membuat darah mengalir terburu-buru ke daerah permukaan kulit demi memproteksi organ-organ di dalam tubuh. Sedangkan bila tubuh dibasuh dengan air dingin, darah justru akan banyak mengalir ke organ agar mereka tetap hangat.

 

 Selain itu, air dingin juga bisa membantu otot sembuh dengan lebih cepat setelah berolahraga dengan cara mengurangi inflamasi serta bengkak. Tak heran, banyak atlet professional di luar negeri yang merendam tubuh di dalam air es. Ini merupaka kunci rahasia keberhasilan latihan mereka (prevention indonesia)

 

 



Penulis: 100 persen wanita

Sumber artikel: /notes/100-persen-wanita/enam-kebaikan-yang-bisa-diberikan-air-dingin/323065434423773