Jajanan Lezat saat Musim Dingin di Korea Selatan

 

Saat musim dingin tiba, salah satu hal yang menyenangkan adalah menyicipi kuliner-kuliner pinggir jalan atau jajanan yang bisa menghangatkan badan. Ada beberapa jajanan pasar yang menjadi sangat favorit dibeli warga Korea Selatan maupun turis pada saat musim dingin. Selain bisa menghangatkan tubuh sejenak, jajanan-jajanan pasar ini pun sangat murah dan bisa ditemukan gerai-gerai pinggir jalan chingudeul

 

1.   Bungeobbang (Kue Ikan)

 

 

Bungeobbang atau "kue ikan" ini adalah makanan ringan berbentuk ikan mas. Jajanan ini adalah jajanan  yang pada musim dingin paling sering dijual. Bungeobbang  terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan pasta kacang merah atau selai dan kemudian dipanggang sampai berwarna kecoklatan. Jajanan  bisa chingudeul temukan di toko-toko pinggir jalan, pasar, dekat sekolah, atau stasiun. Harganya terbilang murah antara 1.000 – 2.000 won.

 

2.  Gukhwabbang

 

 

Gukhwabbang adalah roti yang berbetuk menyerupai bunga krisan. Roti ini sering disebut sebagai saudara dari  Bungeobbang . Pembuatan dan rasa dari kue ini mirip dengan kue cubit yang ada di Indonesia chingudeul. Kue ini juga biasa dijual dekat denga kue ikan dan harganya sekita 1.000 won/5 buah.

 

3.  Gunbam (Chestnut Panggang)

 

 

Chingudeul pernah mencoba Chestnut panggang? Nah saat di Korea Selatan, sangat banyak penjual chestnut panggang dipinggir jalan dan di dekat stasiun. Kacang ini sangat populer dikalangan warga Korea Selatan pada saat musim dingin dimana kacang ini panen. Harganya sangat murah sekitar 3.000 – 5.000 won/ kantong.

 

4.  Hotteok

 

 

Hotteok adalah jajanan favorit berikutnya. Kue setebal 2 cm ini dibuat dari adonan tepung terigu yang didalamnya disini dengan selai, sirup, atau kacang. Hotteok ini dimasak dengan cara digoreng dengan sedikit minyak. Penjual Hotteok biasanya berdekatan dengan penjual Gukhwabbang  dan Bungeobbang . Harga sangat  terjangkau yaitu sekita 1.000 won/buahnya.

 

5.  Hoppang

 

 

Hoppang merupakan jajanan Korea Selatan yang bentuknya menyerupai Bakpao dari China. Perbedaannya adalah dari isinya. Hoppang dikenal memiliki varian isi yang lebih banyak dari pada Bakpao. Jenis isi dari Hoppang ini seperti isian sayur, pizza, kari, daging sapi, daging ayam, daging ikan, kacang merah, atau kacang tanah. Harganya perbuahnya sekitar 500 – 1.000 won. Hoppang bisa dijual didalam tabung kaca yang berfungsi sebagai penghangat.

 

6.  Gyeranppang (Kue Telur)

 

 

Gyeranppang merupakan roti yang didalamnya diisi telur. Roti ini sangat nikmat dan dan memiliki protein tinggi. Telur yang digunakan biasanya telur ayam atau telur puyuh. Kue ini biasa dijual bersamaan dengan Bungeobbang atau Gukhwabbang. Harganya cukup murah sekitar 1.000 won/3 buah.

 

7.  Odeng

 

 

Bagi chingdueul yang suka akan kuliner berbahan ikan, jajanan pasar yang harus dicoba adalah Odeng/Eomok. Odeng merupakan kuliner dari olahan ikan dan tepung yang dimasak dengan cara ditusukan ke tangkai kecil dari bamboo lalu direbus didalam kaldu. Eomok biasa dijual bersamaan dengan Tteokbokki. Harga Eomok berkisar 1.000 won/tusuk.

 

8.  Danpatjuk  (Bubur Kacang Merah)

 

 

Danpatjuk atau bubur yang terbuat dari kacang merah dan bola-bola ketan ini juga menjadi favorit warga Korea Selatan. Selain bisa menghangatkan tubuh dan memiliki protein tinggi, ternyata makan Danpatjuk ini dipercaya dapat mengusir roh jahat dan meremajakan kulit lho chingudeul. Kuliner ini banyak dijual direstoran-restoran bubur di Korea Selatan.

 

9.  Gungoguma (Ubi Manis Panggang)

 

 

Tidak hanya di Indonesia, di Korea Selatan pun ubi atau singkong atau kentang merupakan makanan yang sangat populer. Salah satunya adalah ubi manis panggang yang sangatv populer di musim dingin. Selain enak dan harga murah, ubi ini juga berukuran cukup besar dan bisa ditemukan dimana saja. Harga Gungoguma  berkisar antara 2.000 won untuk 2-3 buahnya.

 

10.  Roti Gonggal

 

 

Roti Gonggal atau Roti Bohong adalah roti yang cukup favorit di Korea Selatan baru-baru ini. Roti yang terbuat dari tepung dan memiliki isi berupa kacang dan biji wijen ini memiliki harga yang murah sekitar 700 won/buahnya. Mengapa disebut Roti Bohong? Hal ini dikarenakan walaupun bentuknya cukup besar, namun bila dibelah akan terlihat rongga yang cukup besar lho ^^.



Penulis: Korea Tourism Organization (Indonesia)

Sumber artikel: /notes/korea-tourism-organization-indonesia/jajanan-lezat-saat-musim-dingin-di-korea-selatan/664522863568595