Kapankah Sea Games ke-27 Dimulai?

Kapankah Sea Games ke-27 Dimulai? - Sebelum pertanyaan ini dijawab. Berikut kilas balik tentang sejarah terbentuknya ajang olahraga untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Awal sejarah tentang Sea Games sangat berkorelasi dengan Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara atau istilah asingnya dikenal dengan Southeast Asian Peninsular Games yang disingkat dengan SEAP Games.


Kapankah Sea Games ke-27 Dimulai?

SEAP Games digagas oleh Laung Sukhumnaipradit, pejabat Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Maksud adanya SEAP yaitu ingin lebih solid antara kerjasama, pemahaman serta hubungan antar negara-negara Asia Tenggara. Negara-negara pelopornya antara lain; Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Laos, Vietnam serta Kamboja -kemudian masuk juga Singapura.

SEAP disepakati diselenggarakan dua tahun sekali. Di samping dibentuk SEAP, saat itu dibentuk pula Komite Federasi SEAP Games. SEAP Games yang perdana diselenggarakan di Bangkok pada 1959. Saat itu diselenggarakan pada 12 sampai 17 Desember yang diikuti oleh 527 atlet ditambah ofisial. Negara-negara yang bertanding antara lain; Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos dengan laga 12 cabang olahraga.

Baru pada SEAP Games ke-8, tahun 1975, Federasi SEAP memasukan Indonesia serta Filipina. Pada 1977 baik Indonesia atau Filipina secara resmi bergabung sebagai negara anggota tetap SEAP Games. Pada tahun ini pula, Federasi SEAP berubah nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), kemudian menjadi SEA Games.

Pada Sea Gmaes ke-10 di Jaakarta, Indonesia, Brunei resmi bergabung. Lalu pada Sea Games ke-12 di Hanoi Vietnam, Timor Leste resmi bergabung sebagai negara peserta Sea Games.

Kapankah Sea Games ke-27 Dimulai?
Sea Games ke-27 akan diselenggarakan pada 11 hingga 22 Desember 2013 di Myanmar. Sea Games ke-27 akan diikuti oleh 11 (sebelas) negara, mempertandingkan 13 cabang olahraga dengan 460 jadwal pertandingan.

Motto Sea Games ke-27 di Myanmar, yaitu, "Green, Clean, and Friendship". Adapun stadion utamanya dipusatkan di Wunna Theikdi Stadium. Menurut jadwal, Sea Games ke-27 ini akan diselenggarakan di ibukota Myanmar, Naypydaw yang notabene sebagai ibukota baru Myanmar serta kota ini sama baiknya dengan Yangon, Mandalay, serta Ngwesaung Beach.


Keputusan penyelenggaraan Sea Games ke-27 di Myanmar merupakan hasil dari rapat komite SEAGF di Jakarta pada 31 Mei 2010 yang silam. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sea Games ini merupakan kali ketiga bagi Myanmar. Sebelumnya pada pada 1961 dan 1969, Sea Games digelar di Yangon - saat itu sebagai ibukota Myanmar.