Tampil Percaya Diri saat nge-MC

Memang tidak mudah untuk bisa tampil di depan publik dan berbicara sebuah topik, apalagi tampilnya untuk sebuah event besar. Sehingga yang patut dilakukan adalah meyakinkan diri kita sendiri untuk tetap yakin, bahwa pasti bisa. Pembaca, memang bagi sebagian untuk menjadi MC yang baik merupakan pekerjaan mudah tapi sebagian lagi perlu usaha yang ekstra keras agar bisa menguasai panggung sebagai MC.

Tampil Percaya Diri saat nge-MC

Untuk itu agar bisa tampil percaya diri saat nge-MC, berikut beberapa poin penting di dalamnya.
  1. Berdoa kepada yang maha kuasa - Inilah inti dari setiap rencana yang akan dilakukan. Termasuk menjadi seorang MC yang akan bertugas memandu acara di panggung agar bisa tampil prima, diperhatikan audiens, dan tidak membosankan. Maka langkah yang paling utama adalah berdoa kepada-Nya.
  2. Kenalilah diri kita; siapa Anda? Apa kelebihanmu? Jadikan semua potensi sebagai modal saat menjadi seorang MC.
  3. Tetap yakin semua peristiwa akan berlalu dan berjalan dengan sebaik mungkin. Jadi bawakanlah acara dengan tenang, tanpa harus terburu-buru bicara karena ingin segera turun dari panggung acara.
  4. Terus lakukan evaluasi diri, pelajari sesuatu sesuai dengan potensi diri sendiri. Jangan pernah mau menjadi orang lain, sebab tidak ada keunikan apabila kita melakukan plagiasi menjadi diri orang lain. Percayalah dengan kelebihan diri sendiri.
4 (empat) hal yang bisa dilakukan saat mempersiapkan diri agar tampil percaya diri sebelum tampil menjadi MC.
  • Pikirkan formatnya jauh-jauh hari,
  • Bila perlu, cari rekomendasi dari MC yang menjadi idola Anda,
  • Carilah bahan-bahan; mulai dari merancang naskah hingga ice-breaking yang bisa dilakukan saat memandu acara, agar terjalin komunikasi dua arah antara MC dengan audiens.
  • Sebelum hari H, cobalah Anda lakukan (praktek) semua persiapan yang telah dipersiapkan tersebut.
Terbukti, dalam setiap memandu acara yang seringkali 'menolong' mengisi kekosongan di saat materi terasa mulai surut adalah permainan (game). Permainan sangat menentukan dalam setiap memandu acara hingga bisa menjadi ice breaking dan suasana pun terjalin dengan hangat dan meriah jauh dari kesan membosankan.
Itu saja sedikit tentang tampil percaya diri saat nge-MC. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda!