Fungsi GPS di Smartphone

Fungsi GPS di Smartphone - Sebelum artikel tentang Fungsi GPS di Smartphone dilanjutkan, kita coba terangkan terlebih dahulu singkatan GPS. GPS memiliki kepanjangan Globaal Positioning System, yaitu sebuah sistem atau tools yang digunakan untuk mencari posisi dan koordinat dengan bantuan satelit.


Fungsi GPS di Smartphone

Hari ini keberadaan GPS di pasaran terbilang sudah memasyarakat. Selain, pengendara mobil dan motor kini banyak memasang GPS, GPS pun sudah terintegrasi di dalam beberapa smartphone bermerek baik lokal, China atau brand gadget populer; sebut saja: Samsung, Nokia, Blackberry dan takketinggalan iPhone.

Fungsi GPS di smartphone, secara garis besanya - membantu seseorang mencari lokasi yang tengah dicari atau dituju. Secara sederhana, ponsel yang telah ditanami GPS di dalamnya akan bekerja dengan dua arah. Sebab sebuah smartphone memiliki radio dua arah yang terbilang canggih hingga detik ini. Lantas, menara base atau BTS dan stasiun pemancar diatur dalam jaringan selular, saat menerima dan mengirim sinyal radio.

Ponsel pun memiiki daya yang terbilang rendah saat mentransmisikan sinyal saat perlu komunikasi dengan menara terdekat. Di saat pembaca tengah mobile maka terjadi pergerakan; saat pengguna GPS berpindah dari satu sel ke sel yang lain maka kekuatan sinyal akan berkurang.

Fungsi GPS di Smartphone

Atau pada saat yang bersamaan, BTS yang didekati memberitahu bahw kekuatan sinyal Anda meningkat. Dan di saat pengguna GPS tengah sibuk menuju sebuah sel, maka kekuatan sinyal akan meningkat. Lalu, menara sinyal pada puncak BTS akan mengirimi sinyal dari satu sel ke sel yang lain.

Syarat lokasi agar bisa terdeteksi oleh GPS pada smartphone; ada lokasi dengan -paling tidak- terdapat 3 (tiga) satelit di atas kita. Bagi pembaca yang berlokasi di daerah terpencil, kemungkinannya; menara berposisi jauh dari pengguna serta tidak akan bisa mensuplai sinyal secara konsisten.


Itulah sekilas tips seputar, "Fungsi GPS di Smartphone" - mudah-mudahan ada guna serta manfaatnya :) 

LIHAT KATALOG: GPS di Lazada Indonesia