Efek Samping Kurang Minum Air Putih

Efek Samping Kurang Minum Air Putih - Berikut akan diketengahkan artikel kesehatan tentang Efek Samping Kurang Minum Air Putih. Pembaca, bagaimana kebiasaan Anda dalam mengkonsumsi air putih? Upayakan kita meminum air putih sebanyak-banyaknya. Cara meminumnya bukan berarti harus dalam satu waktu, tetapi dalam sehari, sedikit-demi sedikit lah pastinya.

Efek Samping Kurang Minum Air Putih

Alasan kenapa kita harus banyak minum, karena kekentalan darah dalam tubuh. 80% tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan sebagian dari beberapa anggota tubuh memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ utama tubuh yang memiliki kadar air di atas 80% itu adalah otak dan darah. Fakta sebenarnya; otak memiliki komponen air 90% sedangkan darah memiliki komponen air 95%.

Untuk itu guna menghindari efek samping kurang minum air putih bagi seseorang maka dianjurkan untuk meminum air sedikitnya 2 liter per hari alias setara dengan 8 gelas air sehari. Bagi perokok lain lagi, jumlah jatah air per harinya harus ditambah lagi. Air sebanyak itu tujuannya untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuh yang dikeluarkan saat kencing, berkeringat, bernafas, dan sekresi.

Apabila tubuh kekurangan cairan atau meminum kurang dari 2 liter air per hari maka akan terjadi penyeimbangan diri. Mekanismenya, tubuh akan menghisap air dari organ tubuh yang lain, yaitu darah. Sehingga darah yang dihisap airnya akan menjadi kental. Karena itu, perjalanan darah kental kurang lancar dibandingkan dengan darah encer.

Imbas dari darah kental yang mengalir melewati ginjal yang notabene darah disaring dari racun, ginjal bekerja dengan ekstra keras saat menyaringnya. Takjarang bagian ginjal, glomerulus mengalami perobekan. Sebab saringan dalam ginjal sangat halus. Karena robek - air seni yang keluar akan berwarna kemerahan, itu tandanya ginjal mulai mengalami kebocoran. Apabila kondisi ini dibiarkan terus-menerus akibatnya adalah gagal ginjal dan penderitanya diharuskan melakukan pencucian darah yang biayanya tidak sedikit dalam sekali pencucian (hemodialisis).

Lantas apa Efek Samping Kurang Minum Air Putih bagi otak? Saat darah kental mengalir melalui otak, perjalanannya akan tersendat-sendat. Otak taklagi encer sebab beberapa sel otak merupakan bagian tubuh yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Apabila hal ini dibiarkan maka seseorang akan mengalami stroke.

Itulah sekilas informasi kesehatan tentang Efek Samping Kurang Minum Air Putih. Mudah-mudahan, pembaca terbilang pribadi yang rajin dalam mengkonsumsi air minum. Bagi pembaca yang belum melakukannya, ayo kita sama-sama perbaiki pola hidup sehat dengan meminum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari :)