Tips Merdu Membaca Alquran dari Muchtar Nasir

Tips Merdu Membaca Alquran dari Muchtar Nasir - Saat ini lumayan marak pemberitaan tentang pemuda muslim Indonesia yang hafidz Alquran, sebut saja Avin bocah asal Bogor yang juga pembantu juri dalam acara hafidz Indonesia di RCTI yang hingga kini masih berupaya mengkhatamkan hafalannya (terakhir kami ketahui Alvin baru hafal sekitar 17 juz - Baca: Alvin: Hafidz ayat dan terjemahan.) atau Muhammad Haris Busro Latif pelajar yang akan diberangkatkan ke Turki karena hafal 30 juz (Baca: Muhammad Haris Busro Latif: Hafidz Alquran 30 Juz). Kini masih berhubungan dengan Alquran, namun seputar tips membaca Alquran dengan suara merdu. bagaimana uraiannya? Silakan simak penjelasan artikel di depan ...

Tips Merdu Membaca Alquran dari Muchtar NasirTips Merdu Membaca Alquran dari Muchtar Nasir - Untuk melaksanakan tips suara merdu membaca alquran memang memerlukan cara khusus bagi qori atau qoriah. Dan salah satu qori yang memiliki suara merdu adalah Muchtar Nasir .... Seperti halnya kisah dalam buku, “10 Bersaudara Bintang Alquran”, orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam membimbing anaknya. Termasuk yang dialami oleh Muchtar Nasir, siswa SMAN 5 Balikpapan. sejak usia 3 tahun -untuk bisa menjadi seorang qari alquran- Muchtar mendapat bimbingan dari orangtua, khususnya dalam mengenal ayat suci Alquran.
Muchtar Nashir tumbuh dan bergaul di dalam keluarga muslim yang kental. Dengan mengenal ayat-ayat suci Alquran sejak kecil, efeknya kini taksaja menjadikan tilawah sebagai hobi, aktifitas tersebut membuahkan prestasi. Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi orangtua serta sekolahnya.

Pelajar SMAN 5 Balikpapan, Jalan Abdi Praja, Sepinggan ini menuturkan, mulai tertarik membaca Alquran tatkala secara rutin menyimak kakaknya mengaji dan membaca Alquran. Menurutnya, nada yang dilantunkan oleh sang kakak saat membaca Alquran mengalun dengan merdu serta indah. Mendengarkan lantunan ayat suci itu membuat dirinya merasa senang,”

Tips Merdu Membaca Alquran dari Muchtar Nasir

Muchtar yang masih duduk sebagai siswa kelas XII IPA inipun seringkali menyimak ayah dan ibunya bertilawah kala itu. Akhirnya Muchtar Nashir meminta diajarkan tentang cara membaca alquran yang baik dan benar kepada orangtuanya.

“Seingat saya, waktu itu lebih dulu belajar dasar-dasar huruf bahasa Arab daripada alfabet umum. Saya pun seringkali belajar Iqra didampingi bapak saya,” ~ Muchtar Nasir

Di usianya yang memasuki 5 tahun, Nashir telah mengenal huruf-huruf bahasa Arab (hijaiyah), selanjutnya dia mendapatkan pelajaran tentang variasi nada saat membaca Alquran dari ibunya. Kemudian Muchtar diminta untuk membaca alquran bersama ibunya setiap selesai shalat isya. Prakteknya, setiap ibunya membaca, Muchtar harus mengulangi terus hingga bisa. Perubahan suara karena faktor kedewasaan yang cukup memengaruhi hasil tilawah pada dirinya, membuatnya harus mengubah cara dalam melantunkan Alquran.

Tips Suara Merdu Saat Membaca Alquran
Selain mengatur suara berat dan berlatih pernafasan diafragma, saat mempelajari tips suara merdu membaca alquran, berikut uraian yang biasa dilakukan oleh Qari Tilawah Unggulan SMA 5 Balikpapan, Muchtar Nasir.
  • Untuk menghasilkan suara yang merdu dan stabil seorang qari perlu berlatih dengan rutin sampai dirinya menguasai perubahan pita suaranya. Hal ini berlaku bagi qari yang dalam masa perubahan dari remaja menjadi dewasa. Ketahuilah, suara laki-laki masih akan terus mengalami perubahan seiring pertumbuhan tinggi badan.
  • Untuk menjaga kualitas suara, hindarilah makan makanan yang pedas secara berlebihan. Cobalah mendisiplinkan diri untuk tidak makan gorengan. Hentikan kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman soda, serta air es.
“Saat saya kecil, cukup menggunakan suara luar atau suara tenggorokan, saat itu saya mampu melengking, lantang, dan nyaring dalam menyuarakannya. Kini setelah tumbuh dewasa, saya mulai berlatih dengan mengeluarkan suara berat dan dituntut untuk belajar berlatih pernapasan diafragma,” ~ Muchtar Nasir [SUMBER]