Telur Paskah Tertua Terdapat di Ukraina

Berikut ini berita menarik seputar telur (egg-celent) yang datang dari Ukraina. Belum lama ini telah ditemukan sebutir telur paskah tua. Usia telur paskah tersebut diperkirakan berumur 5 abad (500 tahun), ditemukan di sekitar sistem saluran air wilayah pusat budaya dan kekayaan sejarah kota Lviv. Yang berjarak sekitar 30 mil menuju perbatasan antara Polandia dan Ukraina.

Usia telur paskah tersebut diperkirakan berumur 5 abad (500 tahun), ditemukan di sekitar sistem saluran air wilayah pusat budaya dan kekayaan sejarah kota Lviv. Yang berjarak sekitar 30 mil menuju perbatasan antara Polandia dan Ukraina.

Sebagai wilayah yang sangat religius, Ukraina memiliki masyarakat yang mayoritas menganut agama Khatolik Ortodok. Sehingga kegiatan menghias telur telah menjadi bagian yang utama di Ukraina di saat datang peringatan Paskah.

Seni menghias telur paskah disebut dengan Pysanka (Ukrainian: писанка, plural: pysanky) . Kata, "Pysanka" berasal dari kata, pysaty, yang berarti menulis. Telur paskah dihias tidak dengan cara dilukis melainkan dibatik (tulis) menggunakan lilin lebah (beeswax).

Telur paskah yang ditemukan dan berusia 5 abad tersebut di atas diperkirakan sebagai telur angsa. Menurut tim peneliti, Rescue Archaeological Service dari  Institute of Archaeology of the National Academy of Sciences di Ukraine, mereka menyebutkan bahwa telur paskah itu identik dengan telur angsa. Dan meski berumur 500 tahun, telur paskah tua ini -sekitar 90%- masih memlilki kondisin yang baik.