Ikan Pacu: Bergigi Sepupu dengan Piranha Asal Swedia

Di Swedia belum lama ini telah tersiar berita perihal tertangkapnya ikan bergigi. Ikan ini dikenal dengan nama Pacu, yang membuat unik dari ikan Pacu adalah bentuk giginya yang mirip dengan gigi manusia. Ikan Pacu digadang-gadang masih 'sepupu' dengan ikan buas lainnya, piranha. Karenanya saat kemarin ditemukan di selat Denmark-Swedia Oresund, semua perenang dianjurkan agar menepi saja sebab kuatir bisa membahayakan.
Ikan Pacu: Bergigi Sepupu dengan Piranha Asal Swedia

Melansir pemberitaan Los Angeles Times, ikan pacu berhabitat asal di Amerika Selatan, tepatnya lembah Amazon. Sebagian besar ikan pavu tergolong vegetarian, mengunyah buah-buahan, kacang-kacangan dan sesekali ikan atau invertebrata kecil.

Hingga tulisan ini turun, hanya satu ekor ikan pacu yang tertangkap di Skandinavia, dan ini kasus yang kedua kali tertangkap di Eropa. Meskiun sebenarnya ikan pacu bisa ditemukan di perairan di seluruh dunia. Biasanya masyarakat menyimpan di akuarium, pasalnya ikan pacu terbilang cukup jinak, hanya saja nampak menyeramkan seperti piranha.

Ada beberapa isu yang meyatakan bawha para nelayan di Papua Nugini alat kelaminnya ada yang diserang oleh ikan pacu. Akan tetapi berita ini masih simpang siur kebenarannya. Para ahli bersepakat bahwa ikan pacu tergolong hewan air tropis yang takmungkin bisa bertahan di perairan dingin semisal Skandinavia. []