4 (Empat) Rahasia Fungsi Telepon Pintar atau Smartphone

Bila pembaca coba menghitung waktu, teknologi telepon pintar atau smartphone sudah berjalan selama 6 tahun. Tapi dengan waktu yan sesingkat itu, telepon pintar atau smartphone telah mengubah semua aspek budaya di tengah-tengah masyarakat di dunia pada umumnya dan khususnya di Indonesia. Mulai dari melakukan bisnis, berkomunikasi, cara mendapatkan berita, memberitakan informasi aktual, nge-game dan masih banyak lagi.
4 rahasia fungsi telepon pintar atau smartphones

Meskipun telepon pintar atau smartphone begitu signifikan dampak dari kehadirannya, penggunanya tidak berarti mahir atau expert saat menggunakannya. Hingga hari ini masih terdapat pengguna smartphone yang tidak begitu memerhatikan fungsi sederhana namun penting untuk digunakan. Inilah 5 (lima) Rahasia Fungsi Smartphone yang perlu diketahui penggunanya.
  1. Screenshot - Pengguna smartphone sepatutnya menggunakan tools screenshot di setiap smartphone, baik ber-OS iOS, Symbian, Android, Windows atau Blackberry. Apalagi bagi Anda pelaku bisnis yang seringkali bersosial media dengan konsumen; ketika seorang konsumen mengungkapkan kepuasannya dengan mengirimi Anda pesan singkat, isi pesan yang isinya berupa testimonial tersebut bisa langsung diambil gambarnya dengan teknik screenshot. Atau di saat santai, tiba-tiba teman Anda mengirimi pesan yang bisa membuat Anda terkejut, sedih, atau lucu sehingga perlu sekali diabadikan, kenapa tidak pesan itupun Anda ambil gambarnya (screenshot) sesegera mungkin?

    Khusus Anda pengguna smartphone iPhone, silakan perhatikan tips berikut; silakan Anda tekan dan tahan tombol Home lakukan berbarengan dengan menekan tombol Sleep atau Wake. Bila berhasil akan ditandai dengan bunyi klik khas sedang memotret (shutter click). Setelah itu, secara otomatis hasil gambar yang diambil akan muncul tersimpan (save) pada berkas (folder) photo di kartu memori iPhone Anda.

    Sementara, bagi Anda pengguna smartphone Android, perhatikan tips berikut; tahan tombol power bersamaan dengan tombol mengurangi volume suara, tahan hingga bersuara khas tengah memotret (shutter click), dan voila...! Screenshot berhasil Anda lakukan!
  2. Menyelamatkan Smartphone yang terkena air hingga basah - Bagi Anda yang memiliki samrtphone, tiba-tiba sial menimpa Anda; ponsel pintarnya kecebur ke air. Ponsel ber-casing saja bisa membahayakan apaagi ponsel tanpa menggunakan casing. Cara yang terbaik saat ponsel anda terkena basah tersiram air atau kecebur, secepatnya matikan powernya, kemudian dilap dengan menggunakan lap khusus, lap dengan bahan micro fiber. Lepaskan baterai di saat smartphone kena basah. Setelah smartphone dalam kondisi terbuka seperti itu (baterai dilepas berikut cover dibuka), cobalah Anda masukan Smartphone basah tersebut ke dalam beras (baik yang masih dalam karung atau dalam tempat khusus beras) sehari semalam. Menurut informasi, kelembaban beras sangat membantu proses pengeringan ponsel pintar yang terkena basah. Keesokan harinya, silakan Anda pasang kembali baterai dan cover ponselnya, dan nyalakan, bila berhasil, ya syukur tapi bila gagal, berarti harus dilem biru alias dilempas saja dan beli lagi smartphone baru :P
  3. Mengintai Smartphone yang dicuri - Kesibukan yang tinggi memang laksana dua sisi mata pedang; satu sisi membawa smartphone memang perlu, di sisi lain membawa gadget bisa beresiko, peluangnya ponsel bisa tertinggal, parahnya, smartphone Anda didicuri orang. Nah, untuk Anda oengguna iPhone atau Android yang terlanjur ponsel atau smartphone-nya dicuri orang dan sudah dibawa jauh, Anda bisa melakukan hal sebagai berikut.
    Pengguna gadget iPhone atau iPad bisa memasang aplikasi Find My iPhone App. Dengan aplikasi Find My iPhone Anda bisa melakukan pengintaian dengan menggunakan GPS dari komputer atau dari iPhone yang lainnya. Selain itu, Anda pun bisa mengunci dan mematikan iPhone atau iPad dari jarak jauh. Sebagai informasi terbaru; iOS versi 7 sudah memiliki kemampuan memotret si pencuri dan mengunci gadget guna menghindari upaya penghapusan yang dilakukan si pencuri. Bagi Anda pengguna Android sebaiknya Anda menginstall aplikasi Where's My Droid?, Lookout Mobile Security and Carbonite Mobile.
  4. Jangan pernah nge-Share Lokasi Anda Berada - Lho apa salahnya? Justru itu kan sangat membantu keberadaan kita? Memang sih seperti itu, akan tetapi dari segi keamanan, berbagi lokasi justru bisa beresiko bagi pengguna smartphone atau ponsel pintar. Sebab takjarang orang yang berniat jahat dan melek teknologi GPS bisa memanfaatkan hal tersebut. Untuk itu sebaiknya jangan pernah berbagi keberadaan atau lokasi dimana Anda Berada melaui smartphone atau ponsel pintar yang digunakan. Perhatikan cara menon-aktifkan fungsi berbagi lokasi dari ponsel pintar berikut.
    Saat melakukan pemotretan, matikanlah fungsi GPS yang menginformasikan lokasi saat pengambilan gambar. Pada iPhone, klik setting, lalu pilih menu Privacy Location Services.Di sini Anda bisa mematikan fungsi GPS untuk seluruh penggunaan atau hanya kamera saja.
    Sedangkan untuk Anda pengguna Android, klik setting, lalu pilih menu Location Services. Di sini Anda bisa mematikan fungsi GPS-nya.
    Dan untuk Anda pengguna ponsel pintar ber-OS Windows, silakan pilih, lalu pilih Location. Di sini Anda bisa mematikan layanan berbagi lokasi pada ponsel Anda.
Itulah 4 (empat) Rahasia Fungsi Telepon Pintar atau Smartphone yang bisa Anda lakukan, selamat mencoba :)