100 Ribu Orang Siap Pindah ke Mars

Lebih dari 100 ribu orang telah melakukan pendaftaran untuk melakukan perjalanan satu arah ke Mars. Perjalanan spektakuler dan takmasuk akal ini merupakan bagian dari proyek multi-miliar dolar yang terbilang ambisius. Perjalanan satu arah ke planet Mars ini bertujuan dalam rangka menjajah planet merah dan akan dimulai pada 2022.
100 Ribu Orang Siap Pindah ke Mars

Perjalanan satu arah ke Mars ini pun hingga saat ini masih dipertanyakan, "bagaimana mungkin manusia akan mampu bertahan hidup di Mars?" Akan tetapi keheranan itu tidak menghentikan sejumlah orang yang takkalah dengan kepercayaanya bisa eksis di planet Mars.

Bas Lansdorp, kepala proyek perjalanan ke Mars, sekaligus penemu proyek usaha perjalanan yang bernama Mars One. Lansdorp saat inipun belum pernah menjelaskan berapa banyak pendaftar yang telah membayar biaya perjalanan satu arah ke Mars ini. Yang jelas pendaftar sudah berusia 18 tahun atau lebih tua, biaya perjalanan tergantung pada kewarganegaraan pengguna. Bagi warga AS, biaya pendaftaran adalah 38 USD.

Melansir portal CNN, Mars One merupakan proyek perjalanan yang sangat mahal, yaitu 6 milyar USD. Mereka berharap ada pihak sponsor dan media yang akan membayar untuk hak siar acara dan film dokumentasi selama pelatihan astronot di Bumi sebelum nanti melakukan penyebaran dan kolonisasi di Mars kelak.

Mars One akan memilih kelompok multi-benua dengan 40 astronot tahun 2013. Empat dari mereka - dua pria dan dua wanita - akan ditetapkan untuk berangkat ke Mars pada September 2022, mendarat di bulan April 2023. Satu kelompok selanjutnya akan diberangkatkan dua tahun setelahnya. Tak satu pun dari mereka akan kembali ke Bumi, sesuai dengan rencana misi.

Para astronot akan menjalani pelatihan selama delapan tahun sesuai dengan keperluan. Mereka akan belajar bagaimana memperbaiki struktur alam sekitar, menanam sayuran di ruang terbatas dan mengatasi masalah medis biasa hingga penyakit serius, mulai dari perawatan gigi, mata, otot hingga patah tulang. Lansdorp selaku sang pendiri Mars One mengatakan dirinya sangat yakin akan kelangsungan proyeknya. Meskipun beberapa pihak yang kompeten dalam bidang perjalanan ke angkasa luar menganggap bahwa perjalanan ke Mars tanpa kembali ini berrisiko tinggi mengingat jarak tempuh yang di luar akal tersebut. []