Jakarta Punya 5 Bis Tingkat (double decker) Baru

Dilanda banjir tidak menyurutkan semangat kota Jakarta untuk melancarkan upaya perkembangan pariwisata. Buktinya, Jakarta kini sudah memiliki sekitar 5 unit bis tingkat (double decker) baru. Melansir pemberitaan dari portal Oke Joss, disebutkan bahwa, “5 bus tingkat wisata telah tiba di Jakarta untuk wisata keliling kota. Bus Double decker tersebut didatangkan dari China untuk memenuhi kebutuhan wisatawan domestik maupun mancanegara. Bus tingkat yang didesain sesuai dengan iklim Jakarta yang menggunakan atap tertutup, berbeda dengan Bus tingkat London beratap terbuka.”

Jakarta Punya 5 Bis Tingkat (double decker) Baru


Kelima bus tersebut didominasi warna ungu dikombinasi dengan warna hijau muda, serta berdimensi panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 4,2 meter. Warna violet dan hijau muda sengaja dipilih agar memilki ciri khas sendiri dibanding bus sedang lainnya.

Jakarta Punya 5 Bis Tingkat (double decker) Baru

Balutan lain yang menghiasi badan bus wisata kota Jakarta ini yaitu adanya hiasan berupa gambar-gambar Monas, Ondel-ondel, patung Pancoran, patung selamat datang, serta dilengkapi dengan tulisan “Wisata Keliling Ibukota!” dan city tour Jakarta

Dengan merancang Huruf R serta J di dalam kalimat City Tour Jakarta dibuat menjadi satu, ditambah dengan di bagian belakang, terdapat slogan “Enjoy Jakarta”, bus tingkat ini berkapasitas 60 tempat duduk. Bus ini juga dilengkapi dengan 2 kursi tambahan yang diperuntukkan khususbagi penyandang disabilitas. 

Adapun deck dan pintu bus wisata ini sengaja dibuat pendek dan berada di sebelah kiri, sehingga ramah untuk penyandang disabilitas dan orang tua. Bus ini memang dirancang ramah dan memerhatikan kepentingan penyandang disabilitas sebab bila beroperasi akan melintas di jalur lambat, tidak pada jalur transjakarta. []