Mari Berkenalan dengan Macam-Macam Kimchi

 

Chingudeul pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan Korea yang mendunia ini, apalagi kalau bukan Kimchi. Kimchi merupakan makanan Korea yang terkenal karena sehat dan bergizi . Chingudeul tahu, bahwa kimchi bukan hanya sebatas sawi putih saja, akan tetapi banyak macam kimchi yang perlu diketahui. Lewat postingan ini admin akan mengajak Chingudeul mengenal macam-macam kimchi di Korea.

 

Baechu-kimchi

 

 

Biasanya Kimchi disajikan pada musim dingin, Baechu-kimchi merupakan salah satu makan yang sangat populer di musim dingin. Rasa Baechu-kimchi tidak terlalu pedas, namun cukup hambar dilidah. Rempah-rempah dan bumbu kimchi ditambahkan ke sawi putih atau  lobak sehingga bumbunya meresap dengan baik.

 

Kkakdugi

 

 

kkakdugi merupakan kimchi berbahan lobak yang dipotong-potong berbentuk dadu , meskipun lobak tersedia sepanjang tahun namun di musim dingin biasanya lobak memiliki rasa yang lebih manis, itulah mengapa banyak lauk yag diawetkan terbuat dari lobak. Kkakdugi merupakan kimchi yang ditambahkan dengan lobak hjau, daun sawi, daun bawang atau daun kubis sehingga rasanya lebih lezat. Kemudian setelah itu dicampurkan dengan udang fermentasi yang mampu memberikan warna gelap serta aroma yang kuat pada kkakdugi. Sebaiknya mengkonsumsi kkakdugi sesegera mungkin karena akan mudah basi jika disimpan terlalu lama.

 

Oi-sobagi (kimchi mentimun)

 

 

Selain berbahan dasar sawi putih dan lobak ada juga kimchi yang terbuat dari mentimun, kimchi ini  sering disebutnya dengan nama Oi-sobagi. Oi-sobagi merupakan kimchi populer selama musim semi dan panas. Oi-sobagi memiliki tekstur renyah namun untuk  mengolah mentimunnya pun harus berhati-hati seperti, merendam mentimun  pada air garam  agar tekstur yang dihasilkan mentimun tidak rusak.

 

Yeolmu kimchi

 

 

Bisanya kimchi ini sangat populer di musim semi dan panas. meskipun bentuknya tipis dan kecil namun tidak mengurangi kelezatan ketika mencicipi Yeolmu kimchi. Yeolmu kimchi terbuat dari bumbu-bumbu seperti  lada merah, merica bubuk, bumbu yang dihaluskan, dll. Biasanya Yeolmu kimchi dihidangkan dengan campuran nasi.

 

Nabak-kimchi

 

 

Nabak kimchi merupakan salah satu kimchi yang tersedia sepanjang tahun di Korea. Berbahan Lobak china, wortel, dan kubis yang sangat dominan membuat kimchi ini memiliki rasa yang lezat. Cara membuat bumbu biasanya dibuat dengan cara diparut untuk mencegah lengket pada tekstur kimchi. Daun bawang yang digunakan pun biasanya menggunakan bagian yang berwana putihnya saja karena bagian hijau memiliki resin lengket sendiri.

 

Chonggakmu-kimchi

 

 

Chonggakmu-kimchi  adalah jenis kimchi yang terbuat dari lobak  namun  tetap menggunakan daun dari lobak tersebut. Kimchi ini merupakan salah satu kimchi yang sangat populer ketika musim panas tiba. Kata Chonggakmu kimchi  berasal dari nama lobak muda.  Ada cerita unik tentang Chonggakmu-kimchi  ,dimasa lalu anak laki-laki yang tidak menikah harus memakai potongan rambut khusus yang ditata menyerupai bentuk lobak ini. Chonggakmu-kimchi   biasanya dihidangkan bersama nasi putih.

 

Gimana? Chingudeul pasti penasaran kan ingin mencicipi macam-macam kimchi yang ada di Korea?. Semoga note kali ini bisa menambah ilmu baru lagi bagi chingu untuk mengenal masakan Korea  yang  beraneka ragam. Pastikan jangan lewatkan note-note KTO berikutnya ya ^^



Penulis: Korea Tourism Organization (Indonesia)

Sumber artikel: /notes/korea-tourism-organization-indonesia/mari-berkenalan-dengan-macam-macam-kimchi/667252766628938