9 Manfaat Positif dari Konflik

9 Manfaat Positif dari Konflik - Yang dimaksud dengan konflik pada judul di atas adalah konflik komunikasi antara orangtua dan anak. Apabila antara orangtua dengan anak remaja dirasakan gagal menumbuhkan relasi interpersonal atau terjadi ketidakefektifan dalam berkomunikasi maka akan melahirkan konflik.

 photo konflikorangtuadananakremaja_zps3500260b.jpg
Tetapi pembaca takperlu kuatir dengan konlik yang muncul sebab adanya komunikasi yang tidak efektif antara orangtua dengan anak remaja. Pasalnya terdapat 9 (sembilan) manfaat positif dari konflik. Apa saja 9 Manfaat Positif dari Konflik? Berikut uraiannya.
  1. Konflik dapat menjadikan kita sadar bahwa ada masalah yang perlu dipecahkan dalam interpersonal dengan orang lain. Jika orang tua ingin nonton sinetron sementara anak ingin nonton film kartun. 
  2. Konflik dapat menyadarkan dan mendorong kita untuk melakukan beberapa perubahan yang lebih positif. Jika suatu ketika karena kesibukan terlambat menjemput anak atau sebaliknya, sebaiknya masing-masing mulai belajar disiplin.
  3. Konflik dapat menumbuhkan dorongan dalam diri kita untuk memecahkan masalah yang selama ini tidak jelas disadari atau dibiarkan tidak muncul dipermukaan. Jika salah satu tidak senang mendengarkan musik keras-keras pada malam hari atau begadang sampai larut malam.
  4. Konflik menjadikan kehidupan lebih menarik. Perbedaan pendapat tentang suatu pokok permasalahan akan menimbulkan perdebatan yang memaksa kita lebih mendalami serta memahami pokok persoalan dan menjadikan hubungan tidak membosankan.
  5. Konflik atau perbedaan pendapat dapat membimbing kea rah tercapainya keputusan bersama yang lebih matang dan bermutu.
  6. Konflik dapat menghilangkan beberapa ketegangan kecil yang sering dialami antara orang tua dengan anak remaja.
  7. Konflik dapat menjadikan kita sadar tentang siapa atau macam apa diri kita yang sebenarnya.
  8. Konflik dapat menjadi sumber hiburan, kita sengaja mencari sejenis konflik dalam berbagai bentuk permainan (game) dan perlombaan.
  9. Konflik dapat memperkaya hubungan. Hubungan yang tetap bertahan kendati diwarnai konflik justru dapat membuat kedua belah pihak sadar bahwa hubungan mereka kiranya sangat berharga.
Demikian 9 Manfaat Positif dari Konflik yang disadur dari makalah Komunikasi Efektif karya Dra.St. S. Fadhilah, M.Pd. Semoga dengan adanya penjelasan tentang manfaat dari konflik tersebut di atas bisa membuka wawasan setiap orangtua yang memiliki kegagalan dalam melakukan komunikasi efektif dengan anak remajanya. []