Tips Screenshot Tanpa Aplikasi pada iPhone atau Android

Bagi pembaca pengguna smartphone dengan iOS, semisal iPhone, perhatikan tips Tips Screensot Tanpa Aplikasi pada iPhone atau Android berikut ini.
  • Pengguna Smartphone dengan operation system iOS - Silakan Anda tekan dan tahan tombol Home lakukan bersamaan dengan menekan tombol Sleep atau Wake. Bila berhasil akan ditandai dengan bunyi klik rana (shutter click). Setelah itu, secara otomatis hasil gambar yang diambil akan muncul tersimpan (save) pada berkas (folder) photo di kartu memori iPhone Anda.
  • Pengguna smartphone Android, coba Anda perhatikan tips berikut; tahan tombol Power bersamaan dengan tombol mengurangi volume suara, tahan hingga muncul suara rana, khas tengah memotret (shutter click). Bila berhasil, gambar akan tersimpan pada folder screenshot yang disediakan secara default oleh smartphone yang digunakan.
Berikut hasil screenshot yang sudah dilakukan menggunakan smartphone Android bermerek Oppo type R8113 atau disebut juga dengan Find Piano.
Screenshot menggunakan tombol power + volume minus pada android

Itulah sekilas tentang Tips Screensot Tanpa Aplikasi pada iPhone atau Android. Silakan dicoba-coba. Bila berhasil, selamat, ya?! :D