Masalah Gigi Berlubang pada Ibu Hamil

Perubahan fisik yang cukup signifikan bagi ibu hamil memunculkan perasaan emosi yang sensitif. Perasaan peka bagi ibu hamil ini berpotensi memengaruhi kesehatan gigi. Pada umumnya, ibu hamil kerap mengeluhkan masalah gigi berlubang yang dialaminya. Pasalnya, pada masa kehamilan, ibu hamil akan mengalami kerapuhan pada struktur giginya.

Masalah Gigi Berlubang pada Ibu Hamil

Masalah Gigi Berlubang pada Ibu Hamil 

Jangan anggap sepele permasalahan gigi berlubang yang dialami seorang ibu yang tengah hamil. Diperlukan tindakan agar ibu hamil bisa menjaga kesehatan giginya. Sebab jika masalah gigi berlubang pada ibu hamil tidak segera diatasi dapat beresiko terhadap keselamatan bayi dalam kandungan. Beberapa kemungkinan yang berbahaya yang akan dialami seorang ibu hamil yang memiliki masalah dengan kesehatan gigi (berlubang), antara lain:
  • Menghambat perkembangan bayi dalam kandungan,
  • Komplikasi kehamilan, bahkan
  • Berpotensi keguguran.
Karena pada setiap gigi berlubang, semua bakteri akan berusaha memaksa masuk ke dalam sel-sel jaringan syaraf yang terdapat di bawah gigi, takterkecuali organ vital semisal kandungan yang di dalamnya terdapat janin yang dalam tahap perkembangan. Selain gigi berlubang, permasalahan gigi yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil adalah radang penyangga pada gigi serta radang gusi.

Penyebab dari beberapa permasalahan gigi, baik gigi berlubang, radang gusi serta radang penyangga gigi yang dialami seorang ibu hamil karena kurang memerhatikan masalah kesehatan dan kebersihan gigi. Kelalaian ibu hamil terhadap kebersihan giginya, berpotensi menumpuknya bakteri pada gigi dan gusi. Untuk itulah, setiap ibu hamil perlu membiasakan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Tips yang bisa dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga dalam mengantisipasi masalah kesehatan gigi adalah -sesuai dengan saran para ahli- dengan memeriksa kebersihan dan kesehatan gigi enam bulan sebelum merencanakan kehamilan. Dan lakukan kebiasaan baik menjadi sebuah rutinitas; menggosok gigi dua kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

Selain hal praktis dari bidang medis, yang bisa dilakukan oleh ibu hamil guna mengantisipasi masalah gigi berlubang dan sakit gusi adalah memilih makanan. Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan yang mengandung manis dan asam. Ketahuilah, saat ibu hamil mengunyah makanan manis atau asam akan membuat mulut semakin asam - inilah yang ditunggu-tunggu oleh semua bakteri. Pasalnya, semua bakteri sangat menyenangi untuk tinggal berlama-lama di dalam mulut yang asam.

Sebaiknya seorang ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalsium, vitamin B12, dan tidak boleh ketinggalam vitamin C. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung ketiga vitamin tersebut akan menjadikan gigi kuat serta mampu mengusir bakteri jahat yang terdapat pada rongga mulut. []